KERAJINAN KERTA…

KERAJINAN KERTAS DAUR ULANG

 

Koran dan kertas bekas menumpuk dirumah? Tentu Anda menjadi stress dan bingung untuk memanfaatkannya. Jangan khawatir jika di rumah Anda banyak kertas dan koran yang menumpuk. Anda dapat memanfaatkannya menjadi pernak-pernik yang cantik dan bernilai jual. Dengan sedikit sentuhan kreativitas, Anda dapat mengubah tumpukan kertas dan koran bekas menjadi uang. Kertas merupakan bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Peluang bisnis kertas daur ulang ini menarik karena dapat dilakukan oleh siapa saja dan membutuhkan modal yang kecil. Anda dapat menggunakan alat-alat yang ada disekitar Anda. Ternyata tidak banyak orang yang tahu bahwa kreatif dan menguntungkan, kerajinan kertas daur ulang dapat menghasilkan omset yang berlimpah.

Konsumen

Kertas daur ulang dapat dikreasikan menjadi benda – benda seni yang memiliki nilai jual cukup tinggi, misalnya saja dibuat pigura, kotak pensil, kartu ucapan, blocknote, ataupun souvenir lainnya. Konsumen kreasi kertas daur ulang rata – rata adalah para pengrajin yang membuat kotak kado, kotak pensil, serta kerajinan lain dari daur ulang kertas. Selain para pengrajin hasil daur ulang kertas juga diminati para masyarakat umum, yang kebanyakan dari anak muda. Mereka menganggap benda – benda dari kertas daur ulang memiliki nilai seni lebih tinggi.

Proses Produksi

Kertas daur ulang yang terbuat dari kertas koran akan menghasilkan warna abu-abu sehingga Anda harus menambahkan pewarna sesuai dengan keinginan Anda.

Alat yang dibutuhkan :

1. Blender

2. Screen berkasa

3. Screen tanpa kasa

4. Ember

5. Alat penyaring

6. Busa

7. Kain bekas

Bahan :

1. Kertas atau Koran bekas

2. Pewarna

3. Pengharum

4. Batang/kelopak bunga yang kering

Cara pembuatan :

1. Kertas bekas disobek atau dipotong-potong kecil

2. Kemudian direndam dalam air beberapa saat lalu diremas-remas sampai setengah hancur

3. Kemudian kertas tersebut dihancurkan kembali dengan penambahan air menggunakan blender . perbandingan antara kertas dan air 1:1

4. Masukkan bubur kertas ke dalam ember yang telah diisi air bersih (tiap 250 gr bubur kertas membutuhkan 5 liter air bersih). Kebutuhan air bisa disesuaikan, tergantung dari ketebalan kertas yang diinginkan.

5. Campuran bubur tersebut dicampur menggunakan lem kanji untuk menghasilkan kertas yang tidak mudah sobek (setiap 250 gr bubur kertas dicampur 10-15 gr lem kanji).

6. Penambahan warna dapat dilakukan untuk menghasilkan kertas berwarna. Untuk kertas daur ulang yang bermotif bisa dilakukan dengan menambahkan mahkota bunga yang kering. Untuk menambah keharuman kertas, maka dapat ditambahkan pengharum.

7. Setelah adonan selesai disiapkan, masukkan semua screen ke dalam adonan. Angkat screen dan biarkan air menetes. Setelah air menetes beberapa waktu, lepaslah screen tanpa kasa dan letakkan diatas papan/meja. Hilangkan air pada kasa dengan busa.

8. Setelah csreen tidak lagi mengandung air, screen kemudian diangkat. Sediakan alas kain untuk meletakkan adonan kertas yang telah pipih.

9. Jemur kertas dibawah sinar matahari kemudian segera disetrika hingga kering dan permukaannya halus.

 

Keuntungan usaha

Semakin bertambah penduduk maka akan semakin banyak sampah kertas yang dihasilkan. Dari pada sampah kertas hanya dibuang begitu saja, Anda dapat memanfaatkannya untuk menambah penghasilan Anda. Pemanfaatan sampah kertas ini dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan menggunakan bahan-bahan disekitar kita. Pemanfaatan sampah kertas ini juga salah satu bentuk dukungan untuk mengurangi sampah di dunia.

Kekurangan usaha

Kesulitan usaha ini adalah mencari stock kertas yang akan di daur ulang, karena sebagian besar masyarakat sudah menjual sampah kertasnya kepada para pengepul barang rongsok. Jadi bila membeli kertas dari para pengepul barang rongsok, harganya pun lebih mahal jika disbanding membeli langsung dari masyarakat. Untuk itu Anda harus rajin mencari sampah kertas untuk bahan baku kreasi daur ulang kertas.

Pemasaran

Untuk pemasaran, dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Mulai dari teman – teman dekat Anda, tetangga, kerabat Anda, hingga relasi kerja Anda. Selain itu Anda juga bisa menitipkan produk kreasi daur ulang kertas Anda ke toko – toko souvenir yang ada di kota Anda.

Untuk pengenalan produk, bisa juga dilakukan dengan mengikuti beberapa pameran yang di selenggarakan. Pemasaran melalui internet juga dapat membantu penjualan produk Anda, untuk menjangkau konsumen yang ada di berbagai daerah.

Tips sukses

Usahakan untuk menciptakan kreasi yang unik dan bernilai seni tinggi agar konsumen tertarik dengan produk Anda. Selain itu kembangkan inovasi baru pada produk Anda, misalnya saja menambah bentuk benda yang dibuat seperti membuat kotak kado, atau goody bag lucu yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

Analisa ekonomi:

Dalam 1 kg kertas bekas menghasilkan 600 gram kertas daur ulang.

Berat rata-rata 1 lembar kertas ukuran folio adalah 6 gram sehingga dapat

menghasilkan 100 lembar kertas daur ulang. Harga per lembarnya Rp 2.500,00.

Kertas daur ulang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan notes,

bingkai foto, kartu ucapan, souvenir dan lain-lain.

Berikut adalah biaya produksi untuk pembuatan bingkai foto sebanyak 500 buah :

 

Pengeluaran

• Kertas karton ( 10 lembar) : Rp 5.000 x 10 = Rp 50.000

• Kertas daur ulang (125 lembar) : Rp 2.500 = Rp 312.500

• Lem = Rp 10.000

• Bunga kering, dll = Rp 100.000+

Total = Rp 472.000

 

Pendapatan

500 x Rp 3.000 = Rp 1.500.000

 

Keuntungan

Rp 1.500.000 – Rp 472.000 = Rp 1.028.000

 

 

About naturalscience4life

I'm genious
Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s